Tuesday, 10 July 2018

Berbagai Pertimbangan yang Harus Anda Perhatikan Ketika Berinvestasi di Deposito



Berinvestasi di Deposito

Deposito merupakan salah satu skema investasi yang telah cukup lama hadir di Indonesia. 

Skema investasi yang satu ini biasanya dapat Anda temui di bank yang menyediakan layanan deposito untuk berinvestasi. 

Meskipun sudah cukup lama hadir di Indonesia, sebaiknya Anda melakukan berbagai pertimbangan berikut ini terlebih dahulu agar mendapatkan keuntungan yang optimal dari investasi yang Anda jalani.

Bunga yang ditawarkan

Pihak perbankan menjanjikan bunga sebagai imbal hasil yang akan diberikan kepada mereka yang mendepositkan dananya di deposito. 

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri mengingat bunga yang ditawarkan merupakan imbal hasil yang pasti dan akan didapatkan oleh sang investor ketika menanamkan modalnya. 

Namun, sebelum mendepositkan dana Anda pastikan Anda telah mengetahui bunga deposito tertinggi yang ditawarkan. Karena, beberapa bank menjanjikan persentase bunga deposito yang cukup kecil sehingga perlu Anda perhatikan jika ingin mendapatkan profit yang optimal.

Durasi investasi

Tidak hanya bunga, deposito juga identik dengan durasi investasi yang harus Anda perhatikan sebelum mendepositkan dana. Biasanya, deposito tersedia dalam berbagai durasi seperti 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dll. 

Durasi investasi yang diberikan deposito umumnya berlangsung cukup lama sehingga membuat Anda harus menunggu hingga jangka waktu tertentu yang telah disepakati untuk mencairkan deposito Anda. 

Waktu investasi inilah yang harus Anda pertimbangkan dengan bijak karena deposito bukanlah investasi yang liquid dan dapat Anda cairkan sewaktu-waktu.

Biaya lain-lain yang dibebankan

Di dalam perjanjian kontrak biasanya akan dijelaskan berbagai biaya yang akan dibebankan Anda saat mendepositkan dana yang Anda miliki. Biaya lain-lain ini biasanya berupa biaya administrasi hingga biaya denda jika Anda ingin mencairkan dana Anda sebelum kontrak deposito berakhir. 

Sebelum mendepositkan dana, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan serta menghitung biaya lain-lain yang akan dibebankan agar tidak membebani Anda dikemudian hari.

Itulah beragam hal yang patut Anda perhatikan sebelum mendepositkan dana Anda kepada pihak bank. 

Anda harus cermat dan bijak dana memilih investasi mengingat saat ini tersedia beragam peluang investasi yang tidak kalah menggiurkan. 

Jangan sampai, investasi yang Anda lakukan justru tidak menghasilkan profit sama sekali bagi Anda dikemudian hari.


1 comment: