Friday, 9 March 2018

Pentingnya Mengganti Popok Tiap 2-3 Jam Demi Kesehatan


Pentingnya Mengganti Popok Tiap 2-3 Jam Demi Kesehatan

Pemakaian setiap perlengkapan bayi harus diusahakan benar dan steril. Popok juga harus diganti secara berkala agar tidak menimbulkan persoalan kulit yang serius, baik berupa ruam atau lecet yang disebabkan iritasi. 

Idealnya, penggantian popok dilakukan setiap 2-3 jam sekali. Hal ini harus dilakukan karena sangat penting bagi bayi, meliputi beberapa hal ini.

Mencegah Dermatitis

Dermatitis atau persoalan pada kulit akibat iritasi dapat disebabkan oleh berbagai hal dan terjadi pada siapapun, termasuk pada bayi. 

Hal ini sangat disayangkan apabila terjadi pada bayi. Memang struktur kulit bayi yang masih sensitif itu memerlukan pengawasan yang ketat dalam segala hal, termasuk dalam pemakaian popoknya.

Sebagai orang tua, Anda harus memilih bahan popok yang lembut dan mudah direnggangkan agar tidak menimbulkan luka di kulit akibat terlalu ketat saat dipakai. Aktivitas bayi juga akan bebas karenanya. 

Setelah memilih popok yang sesuai, saatnya Anda harus memperhatikan dalam hal penggantian popok. Usahakan ganti popok ketika sudah penuh.

Hal ini bisa dilakukan ketika warna popok sudah menjadi biru. Jika sudah 2-3 jam namun popok belum penuh, maka tetap lakukan penggantian popok.

Hal ini bertujuan agar bagian selangkangan bayi yang sedari tadi menggunakan popok yang sama bisa mengalami sirkulasi udara dengan penggantian popok yang baru. Dengan demikian, dermatitis bisa dihindari.

Menghindari Infeksi Jamur

Infeksi jamur merupakan efek atau risiko yang bisa ditimbulkan karena pemakaian popok bayi. Ketika Anda tidak mengganti popok secara berkala, maka struktur kulit bayi yang lembut dan masih sensitif akan mengalami kelembaban yang berlebih. 

Jika hal ini terjadi, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi infeksi jamur.

Jika demikian, maka bayi akan mengalami gatal-gatal atau alergi di kulit. Untuk itu, Anda harus memperhatikan dengan baik segala keperluan bayi. 

Penggantian popok harus dilakukan agar infeksi jamur yang menyiksa ini bisa dihindari.

Menjaga Kenyamanan Bayi

Kenyamanan bayi tentunya bisa dibentuk melalui pemenuhan setiap kebutuhannya, baik jasmani, maupun rohaninya melalui kasih sayang. 

Hal ini sangatlah dibutuhkan bayi dan sebagai orang tua, Anda harus memenuhinya. Mengingat ini, maka penggantian popok harus dilakukan secara berkala apabila sudah penuh atau ketika sudah cukup lama, yaitu 2-3 jam.

Jika hal ini dilakukan, kulit akan terhindar dari kelembaban yang berlebih ataupun iritasi. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan setiap penggantian popok. 

Usahakan mengganti dengan tepat dan memilih produk popok yang lembut dan mudah direnggangkan. Kenyamanan akan terbentuk karena hal ini. Aktivitas bayi juga akan berjalan lancar.

Itulah beberapa hal penting mengapa Anda harus mengganti popok secara rutin dengan waktu ideal 2-3 jam. 

Dengan menerapkan hal ini, Anda mampu memberikan kenyamanan pada bayi dan menjamin kelangsungan aktivitasnya yang lancar. 

Orami menyediakan aneka jenis bahan dan model popok untuk bayi dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.

1 comment: