Friday, 2 March 2018

Pentingnya Mengetahui Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi


Pentingnya Mengetahui Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung adalah hal yang sering dikeluhkan oleh para ibu yang memiliki anak usia bayi. 

Inilah mengapa Anda perlu tahu bagaimana  cara mengatasi perut kembung pada bayi

Menangis terus menerus, sering menggeliat dan susah tidur, biasanya disertai sendawa dan sering buang angin menjadi gejala awal kembung. 

Karena bayi tidak bisa mengungkapkan apa yang sedang dirasakan maka hanya bisa memberikan tanda-tanda ketidak nyamanannya.

Bayi yang baru lahir sistem pencernaannya belum berkembang secara sempurna, hal ini menyebabkan bayi sangat mudah terserang gangguan pencernaan seperti halnya perut kembung. 

Penyebab lain yang umumnya terjadi adalah karena ASI yang berlimpah.

Bayi yang masih kecil belum terbiasa menyusu sehingga sulit dalam mengontrol air susu yang diberikan bunda, oleh karenanya bayi menelan dengan cepat sehingga ia juga menelan gelembung-gelembung udara.

Ketika bayi menelan gelembung-gelembung udara maka kondisi gas yang ada dalam saluran pencernaan meningkat, hal ini yang menyebabkan perut kembung. 

Perut kembung yang dialami oleh bayi merupakan hal yang wajar bahkan apabila usianya belum menginjak 4 bulan dengan alasan sistem pencernaan belum bekerja dengan sempurna.

Namun jika ini terjadi sesering mungkin atau bahkan tak kunjung berhenti, bunda perlu melakukan cara mengatasi perut kembung pada bayi  seperti di bawah ini.

Memberikan air hangat

Untuk mengurangi rasa kembung pada perut bayi langkah awal yang dapat bunda lakukan adalah dengan memberikan sedikit air hangat untuk diminum oleh bayi. 

Di samping itu agar perut bayi menjadi lebih nyaman dapat dibantu dengan memandikannya menggunakan air hangat. 

Dengan air hangat perut menjadi lebih nyaman sehingga bayi tidak rewel lagi.

Menggosok perut bayi

Tujuan menggosok-gosok perut bayi adalah untuk memberikan rasa hangat pada tubuh mereka. 

Bunda dapat menambah kehangatan bayi dengan memberikan minyak telon, gosokkan dengan lembut pada perut dan punggung bayi untuk mengurangi rasa kembung.

Menepuk lembut bagian punggung bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan menepuk lembut punggung bayi dirasa sudah banyak diketahui. 

Dengan tujuan agar bayi dapat bersendawa dan mengeluarkan gas dari dalam saluran pencernaannya yang berlebihan. 

Sambil menggendong bunda dapat memberikan tepukan lembut pada punggung bayi. Tepukan lembut selama 1 hingga 2 menit dapat membantu bayi bersendawa.

Cek posisi bayi saat menyusui

Dengan menggunakan posisi yang tepat saat menyusui maka dapat mencegah banyaknya gas yang masuk ke dalam saluran pencernaan bayi saat menyedot ASI. 

Bunda bisa menyesuaikan dan dapat bekerja sama dengan mulut bayi. Posisi yang tepat saat menyusui bayi adalah menghadapkan tubuh bayi ke tubuh bundanya, sementara hidung dan dagu bayi menghadap ke payudara.

Cek ukuran dot bayi

Menjadi suatu hal yang penting bagi bunda untuk memperhatikan ukuran dot yang digunakan bayi apakah pas atau tidak. 

Menggunakan ukuran dot yang pas dengan ukuran mulut bayi maka akan memperkecil kemungkinan masuknya gas yang berlebihan ke dalam saluran pencernaannya.

Hentikan pemberian susu formula

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang seringkali diremehkan oleh para bunda adalah penggunaan susu formula. 

Dengan berbagai alasan yang diberikan, sering kali seorang bunda tidak memberikan ASI eksklusif dan menggantikannya dengan susu formula.

Sistem pencernaan pada bayi belum berjalan dengan sempurna sehingga tidak dapat mencerna setiap makanan atau minuman selain ASI ekslusif yang masuk dengan baik. 

Hal ini menyebabkan terhambatnya proses pencernaan, memproduksi gas dan menyebabkan perut kembung.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi. 

Mengingat bayi belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya, pastikan Anda lebih sensitif terhadap respon yang ditunjukkan si kecil.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


1 comment: