Friday, 2 March 2018

Inilah Cara Untuk Meminimalisir Dampak Polusi Udara Pada Kulit

Inilah Cara Untuk Meminimalisir Dampak Polusi Udara Pada Kulit

Setiap hari kita terkena paparan polusi udara. Entah dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, debu hingga paparan sinar matahari. 

Tingginya polusi udara yang terjadi saat ini dapat menyebabkan lapisan ozon menipis dan menguragi perlindungan dari radiasi sinar ultraviolet (UV). 

Lebih dari itu kini dampak polusi udara semakin hari sudah bisa kita rasakan.

Radiasi tersebut apabila bercampur dengan zat-zat yang dikeluarkan oleh asap kendaraan dan debu akan menyebabkan kulit menjadi tidak sehat. 

Apalagi jika kita sudah bertambah usia, maka kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas pun berkurang. 

Tentu ini menjadi momok tersendiri bagi kita yang tinggal di daerah padat penduduk serta menjamurnya kendaraan maupun pabrik.

Dampak polusi udara ini dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan tubuh.

Selain berdampak pada kesehatan tubuh, polusi udara ini juga bisa meyebabkan gangguan bagi kulit dimana kulit adalah bagian tubuh yang secara langsung berkontak dengan udara dan sinar matahari.

Selain itu, polusi udara juga dapat menjadi penyebab munculnya kanker kulit. Hal ini dikarenakan kulit menyerap berbagai macam polutan yang ada di lingkungan sekitar. 

Tidak hanya itu saja, udara yang tercemar setidaknya juga bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit hingga memperparah penyakit kulit yang sedang diderita.

Oleh karena itu pastikan membersihkan wajah secara menyeluruh begitu sampai di rumah usai beraktivitas seharian. 

Setidaknya gunakanlah pembersih wajah yang memiliki bahan carbon aktif agar kulit terhindar dari dampak polusi udara.

Cara-cara sederhana di bawah ini bisa dijadikan alternatif untuk menggurangi kerusakan kulit akibat dampak polusi udara.

1.      Rajin membersihkan kulit

Jika kita termasuk orang yang sibuk, maka untuk membersihkan wajah bisa denggan menggunakan air. 

Rawat kulit dengan membesihkannya secara teratur, bisa saat bangun atau mau tidur. Cuci muka setiap hari menggunakan air dan sabun yang dikhususkan untuk kulit wajah. Jangan lupa juga

untuk melakukan scrubbing agar sel-sel kulit mati menjadi hilang.

2.      Gunakan Sun Protector atau tabir surya

Disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 15 atau lebih. Dengan menggunakan tabir surya, maka kulit bisa terjaga dari polusi udara dan paparan sinar matahari secara langsung.

3.      Perbanyak antioksidan

Untuk membuat kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh dampak polusi udara, kita juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

 Antioksidan sendiri dipercaya mampu untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, begitu juga dengan senyawa-senyawa yang berbahaya. 

Apabila kita ingin menambah asupan antioksidan, maka sumber antioksidan yang tinggi berasal dari buah dan sayur. Kita bisa mengkonsumsi kiwi, nanas, bayam, asparagus serta sayuran hijau.

4.      Jangan merokok

Meskipun bukan seorang perokok aktif, sebisa mungkin hindari asap rokok. Karena asap rokok dapat menyebabkan rusaknya struktur kulit. 

Selain itu, merokok sendiri juga menyebabkan kulit menjadi keriput, warna kulit yang tidak merata, dan kulit menjadi kasar dan kering.

Polusi udara memang sulit untuk dihindari, tidak hanya di ruangan terbuka, namun juga di ruangan tertutup. 

Maka dari itu, kita perlu untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja atau tempat tinggal agar terhindar dari dampak polusi udara. 

Selain itu, melakukan perawatan kulit dan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi juga akan membantu kita terhindar dari dampak polusi udara.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

1 comment: