Tuesday, 20 February 2018

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 2 Tahun yang Tepat


Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 2 Tahun yang Tepat

Jika berbicara mengenai dunia anak-anak pastinya tidak bisa lepas dari yang namanya dunia bermain dengan segala bentuk mainan. 

Melalui aktivitas itulah perkembangan saraf motorik dan kecerdasan anak akan semakin tubuh. 

Terlebih lagi jika orang tua mampu memberikan mainan edukasi yang tepat dengan usia buah hati pasti akan berperan penting untuk pencapaian pertumbuhan otak yang lebih baik. 

Mulai usia 2 tahun anak sudah mengenal berbagai jenis permainan, dapat dikatakan usia tersebut masuk dalam perkembangan masa emas seorang anak. 

Makanya sediakan mainan yang tepat untuk buah hati.

Melihat semakin banyaknya peredaran mainan seperti sekarang ini membuat orang tua harus lebih selektif dalam menentukan. 

Apalagi jika melihat kabar beredar mengenai banyaknya mainan yang terbuat dari bahan berbahaya. 

Jika ada yang menanyakan permainan seperti apa yang tepat dan baik untuk anak-anak, jawabannya sangatlah relative karena tergantung dari kebutuhan anak itu sendiri.

 Berikut ini beberapa tips yang dapat dijadikan referensi pemilihan mainan edukasi anak yang amandan terbaik , yaitu:

  1. Sesuai umur.

Yang sudah pasti dan utama adalah berikan mainan kepada anak sesuai dengan umurnya. Terkadang orang tua masih sering lupa dan tidak memperhatikan bahwa memberikan mainan tidak pada umurnya itu sangatlah membahayakan. Misalnya mainan untuk anak usia 5 tahun dengan model dan desain mainan sedemikian rupa dan itu tidak akan dipahami oleh anak usia 2 tahun.

  1. Bahan yang baik dan berkualitas.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa banyak sekali beredar mainan yang dibuat dengan bahan yang membahayakan khususnya untuk usia batita. Pada usia tersebut anak masih mengenal mainan dengan cara dimasukkan kedalam mulut, jadi akan lebih membahayakan.

  1. Harga.

Jika berbicara mengenai harga tidak bisa dijadikan sebuah patokan bahwa harga mainan yang mahal itu pasti bagus. Tetapi banyak mainan edukasi yang murah tetapi memberikan banyak pengetahuan dan perkembangan bagi anak.

  1. Keamanan.

Untuk anak-anak pastinya perlu mempertimbangkan jenis mainan yang mempunyai keamanan yang lebih. Misalnya saja dari bentuknya yang tidak mudah melukai, menggores kulit ataupun lain sebagainya.

Dengan beberapa ciri diatas Anda bisa menentukan sendiri jenis mainan seperti apa yang tepat untuk buah hati. 

Berikut ini ada beberapa mainan yang dapat dijadikan sebagai pendorong pertumbuhan serta perkembangan saraf motorik anak dengan baik yaitu:

  1. Mainan balok.

Jenis mainan yang umumnya berbentuk kotak dengan berbagai gambar atau huruf pada sisinya ini pasti dapat meningkatkan kecerdasan otak anak Anda.

  1. Puzzle.

Selanjutnya ada mainan yang tidak asing lagi, dalam permainan ini akan melatih perkembangan kecerdasan anak dengan teka-teki problem solving.

  1. Magnet building.

Ada sekelompok kotak dengan berbagai macam warna yang terdapat magnet didalamnya, jadi anak diajarkan merangkai berbagai bangunan dengan bantuan magnet tersebut.

  1. Kotak angka.

Wujud dari permainan ini adalah kotak besar yang berisi angka dan telah dipotong pada bagiannya. Sehingga anak harus memasukkan angka sesuai dengan potongan yang tepat, sehingga menumbuhkan kreativitas.

Masih banyak lagi permainan yang bernilai pendidikan tinggi untuk melatih kecerdasan anak dan juga perkembangan otak. 

Bukan itu saja karena pergerakan fisik dapat membantu juga mendorong saraf motorik supaya anak lebih aktif. 

Sebenarnya memaksa anak untuk memainkan mainan edukasi yang telah dipilihkan oleh orang tua bukanlah hal yang benar. 

Jadi tetap ikut sertakan si kecil untuk menentukan mainannya sendiri dengan bimbingan yang baik.


0 comments:

Post a Comment