Thursday, 17 August 2017

Sayur asem Accoord 2 segarnya mantap

Sayur asem Accoord 2 segarnya mantap

Bulan Maret tahun 2015 lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pernah melakukan kunjungan untuk panen raya jagung di Ponorogo, Jawa Timur.

Di sela kunjungan tesebut, Presiden makan siang di salah satu restoran di daerah Ngawi, bernama Accoord 2.

"Saya dikabari oleh tim Istana, diminta untuk membuat beberapa menu masakan, kemudian jam 12 siang tim laboratorium datang, dan jam 2 siang beliau makan siang di sini," ungkap Hadi pemilik Restoran Accoord 2.

Kala itu, Hadi diminta menyiapkan menu khusus oleh istana, yakni menu botok tahu dan tempe, ikan wader, cah kangkung, dan pecel. "Bapak juga pesan sayur asem," cerita Hadi.

Hingga akhirnya, kini foto Jokowi bersantap di Accoord 2 terpampang manis di dinding restoran. 

Silvita Agmasari - Hidangan ayam kampung mercon dari restoran Accoord 2

Restoran Accoord 2 terletak tepat di jalur mudik Ngawi-Caruban, tepatnya di Jalan Sukowati 15. Menu andalan dari restoran ini adalah ayam mercon, ayam kalasan, dan juga gudeg.

KompasTravel bersama tim Merapah Trans Jawa yang melaksanakan ekspedisi jalur mudik sengaja mampir ke restoran Accoord 2, demi menjajal masakan yang pernah disantap oleh Presiden Jokowi.

Sayangnya beberapa menu seperti botok dan wader harus dipesan khusus.

"Menu itu tak ada di menu, karena bahannya susah, menyesuaikan musim," ungkap Hadi.

Untungnya ada salah satu menu hidangan Jokowi yakni sayur asem yang tersedia. Sayur asem di Accoord 2 agak berbeda dengan sayur asem pada umumnya.

Isiannya justru berisi kangkung, timun, kacang tanah, dan cabai besar. Bukan labu, nangka muda, dan kacang panjang seperti sayur asem pada umumnya.

Soal rasa, sayur asem Accoord 2 segarnya mantap. Awalnya KompasTravel kira menggunakan belimbing wuluh alias belimbing sayur. "Tidak, cuma pakai asam saja kok," kata Hadi.

Perpaduan asam yang segar dan manis, membuat sayur asem ini cocok disantap dengan ayam mercon, ayam goreng yang berlumuran cabai ulek.

"Di sini kita memang hanya pakai ayam kampung," kata Hadi. Selain itu, ada pula menu lainnya seperti aneka seafood dan minuman tradisional serta berbagai hidangan es yang segar. 

Untuk harga, jangan takut mahal. Meski pernah disinggahi oleh presiden nyatanya harga makanan di Accoord 2 sangat bersahabat dan sebanding dengan rasanya.

Misalnya untuk menu paket sayur asem dengan lauk empal atau ayam goreng dihargai Rp 15.000, atau nasi ayam mercon dihargai Rp 22.000.

"Kami juga baru meluncurkan paket hemat. Harganya dari Rp 8.000 sampai 15.000 sudah dapat minum juga. Paket ini khusus untuk dibawa pulang. Mau pesan seribu untuk besok kami juga sudah siap. 

Tapi untuk Ramadhan ini kami hanya melayani tamu makan di tempat," kata Hadi. Semakin malam restoran ini semakin ramai didatangi tamu.

Restoran Accoord buka dari jam 7 pagi sampai 9 malam. Ada pula restoran Depot Accoord yang terletak di pusat kota Ngawi, milik ibu dari Hadi yang telah dibuka sejak tahun 1972.

0 comments:

Post a Comment