Monday, 29 May 2017

Tips Tentang Snorkeling, Mulai dari Cara Snorkeling Hingga Mengemas Peralatannya


Snorkeling jadi salah satu kegiatan yang tak boleh terlupakan saat kamu sedang menjelajahi bahari Indonesia.

Terlebih lagi, Indonesia punya banyak spot snorkeling yang indah dan mempesona.

Jika dibandingkan dengan menyelam, snorkeling memang jauh lebih mudah, namun untuk kamu yang pemula dan tak bisa berenang keduanya bukanlah hal yang mudah.

Bagi kamu tak bisa berenang, tak perlu kwartir kamu bisa kok snorkeling menyenangkan dengan mempraktikkan tips ini:
 

1.    Cek peralatan snorkeling dan cara pemakaiannya
Ada baiknya, sebelum kamu melakukan snorkeling, kamu periksa terlebih dahulu kondisi peralatan snorkeling, seperti masker, fin , dan snorkel.

Cek juga apakah peralatan snorkel masih layak pakai atau tidak. Sehingga, nantinya tidak mengganggu saat kamu sedang snorkeling.

Dan, periksa kembali apakah kaki katak masih lentur dan sesuai dengan ukuran kaki. Setelah itu, pastikan memasang masker dengan benar.

Jika kamu yang memiliki rambut panjang, kuncir terlebih dahulu agar tidak mengganggu pemandangan.

Kencangkan masker senyaman mungkin jangan terlalu kencang ataupun longgar. Ini untuk menghindari timbulnya embun yang menghalangi pandangan.

2.    Biasakan bernapas dengan menggunakan snorkel
Ada baiknya, sebelum kamu melakukan snorkeling, kamu lakukan latihan bernapas terlebih dahulu dengan snorkel.

Hal ini berguna untuk membiasakan kamu bernapas dengan snorkel pada saat di dalam air.

Nah, saat sudah di dalam air, buatlah diri kamu senyaman mungkin, dan yang terpenting jangan panik.

3.    Buat senyaman mungkin di dalam air
Mulailah dengan mengangkat kaki dari dasar dan posisikan tubuh telungkup menghadap ke bawah, buka kaki dan tangan sedikit lebar dan cobalah untuk menyeimbangkan dan mengapung di atas air.

Bernapaslah melalui mulut, lalu ayunkan kaki seperti gerakan renang gaya bebas.

4.    Snorkeling bersama dan jangan terlalu jauh
Jangan sampai karena kamu sudah nyaman dan asyik berenang kamu jadi terlalu jauh dari teman atau rombongan.

Ingat snorkeling hanya menggunakan alat yang sederhana, sehingga tidak disarankan untuk kamu melakukan snorkeling terlalu jauh karena membahayakan.

5.    Perhatikan keadaan sekitar
Sebaiknya tetap waspada dan perhatikan kondisi sekitar. Lihat arus gelombang laut untuk menghindari arus yang kencang dan jangan lupa untuk tetap berkelompok dan juga jangan sampai menginjak karang atau bulu babi.

6.    Masker dan snorkel clearing
Kamu jangan panik, saat air laut masuk ke dalam snorkel, dikarenakan ombak yang tidak menentu.

Cara membersihkannya, terbilang mudah. Kamu tidak perlu keluar dari air. Kamu cukup menarik nafas panjang, lalu hembuskan kuat-kuat dengan mulut, sehingga air keluar melalui corong snorkel karena dorongan udara.

Setelah itu bernapas lagi dengan normal. Apa pun yang terjadi jangan panik. Karena hanya akan membuang-buang tenaga kamu di dalam laut.

Tips Mengemas Peralatan Snorkeling
 
Jika kamu melakukan snorkeling hanya untuk melengkapi liburan, memang sebaiknya menyewa peralatan di tempat wisata.

Namun jika berencana untuk snorkeling beberapa kali, memang lebih baik kamu membawa perlengkapan sendiri.

Tak perlu khawatir bakal ribet saat mengemasnya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Smarter Traveler, berikut ini tips mengemas peralatan snorkeling saat traveling.

●    Jika masker snorkeling kamu dilengkapi dengan lensa khusus untuk membantu penglihatan, pastikan mengemasnya dalam tas jinjing. Kehilangan perlengkapan tersebut bisa merusak seluruh perjalanan kamu.

●    Lindungi masker snorkeling agar tak tergores atau bahkan pecah. Bungkus dalam lapisan pakaian atau letakkan dalam pelindung yang terbuat dari plastik keras. Kemas di bagian tengah tas kamu.

●    Letakkan kaki katak (fins) di bagian atas koper. Dengan begitu, kaki katak dapat menjadi perlindungan tambahan untuk barang bawaan kamu.

●    Jika kamu traveling dengan membawa tas ransel dengan sisi yang lembut, buatlah bingkai pelindung menggunakan kaki katak atau sepatu. Susun sepatu kamu di setiap ujung tas dengan telapak menghadap keluar.

●    Manfaatkan ruang sebaik mungkin dengan mengemas kaus kaki atau benda-benda kecil lainnya dalam masker snorkeling atau lubang kaki di kaki katak.

●    Bawalah tas jaring-jaring dengan tali bahu, karena tas jenis ini hampir tak memakan ruang. Tas ini bisa kamu gunakan untuk membawa peralatan snorkeling setelah berada di tempat tujuan, sekaligus bisa menjadi tas belanjaan atau untuk membawa peralatan anak untuk bermain pasir.

●    Sebelum berkemas saat hendak pulang, bilas peralatan snorkeling kamu di air tawar dan biarkan sampai benar-benar kering. Hal itu akan mencegah jamur dan bau serta memperpanjang umur peralatan snorkeling.

Kamu berniat menjelajah bahari Indonesia, tapi cuma punya dana yang terbatas? Tenang, kamu bisa dapatkan harga tiket termurah di Reservasi.com.

Tak hanya tersedia tiket pesawat murah saja, namun ada juga harga hotel terbaik dengan harga murah di Reservasi.com.

0 comments:

Post a Comment