Friday, 18 November 2016

Cegah Phishing Dengan Menggunakan Sistem Pembayaran E-commerce Yang Aman & Mudah



Apakah anda suka berbelanja online? Pembayaran via apa yang biasanya anda pilih untuk membayar?

Bagi yang sering berbelanja di situs jual beli online besar, pasti sudah tidak asing lagi dengan beragam pilihan pembayaran.

Ada yang senang menggunakan pembayaran tunai, namun tidak sedikit pula yang memilih sistem pembayaran non tunai atau yang kini lebih dikenal dengan sistem pembayaran e-commerce .

Alasan mendasar yang sering membuat banyak orang memilih pembayaran online karena dirasa lebih cepat, mudah dan praktis. Hanya perlu waktu beberapa menit saja, transaksi pembayaran sudah bisa diselesaikan, berbeda ketika melakukan pembayaran tunai, terkadang harus menunggu dan menyita waktu lama.

Meski beberapa kelebihan bisa kita dapatkan ketika melakukan pembayaran online, namun perlu diketahui bahwa cara ini tidak selalu aman. 

Perlu dilakukan usaha maksimal mengamankan sistem pembayaran online yang kita lakukan. Ini bukan berati bahwa sistem pembayaran online di Indonesia tidak aman, hanya saja kita perlu waspada dan meningkatkan keamanan untuk pribadi.

So, jika anda ingin sistem pembayaran online yang anda lakukan lebih aman dan terjamin, anda bisa melakukan beberapa cara berikut:

Lakukan Antisipasi Phishing
Bagi yang belum mengetahui arti dari istilah phishing, ini merupakan istilah untuk ancaman terjadinya kebocoran data pribadi seperti user ID, info rekening, password dan lainnya kepada pihak lain. 

Sasaran target dari phishing ini biasanya para pengguna internet banking yang mana sering menggunakan email. Untuk mencegah terjadinya phishing, hindari pemakaian email secara sembarangan dan jangan klik email dari pengirim yang tidak anda ketahui secara jelas. Selain itu, lakukan pemantauan atau cek saldo rekening dan uang elektronik (jika ada) anda secara teratur.

Ubah Password
Mengubah password secara berkala juga bisa jadi langkah dalam mengamankan sistem pembayaran online. Anda bisa memilih rentang waktu untuk melakuakn pengubahan password misalnya 3 atau 6 bulan sekali.

Untuk membuat password memiliki tingkat keamanan yang tinggi, gunakan kombinasi password yang sulit ditebak orang lain dan juga kalau bisa yang tidak berkaitan dengan data pribadi, namun pastikan bahwa anda bisa mudah mengingat password yang digunakan.

Jangan Gunakan Wi-fi Publik Saat Transaksi Pembayaran Online
Melakukan transaksi pembayaran online melalui jaringan wi-fi publik yang memiliki tingkat keamanan rendah sangat berisiko terjadinya kebocoran data. Oleh karena itu, sebaiknya hindari transaksi pembayaran online lewat wi-fi publik.

Selain cara di atas, untuk keamanan transaksi pembayaran online, anda juga bisa memilih layanan Dompetku Plus. Ini bisa jadi pilihan tepat bagi anda yang sering ragu saat ingin berbelanja online. Data anda jadi lebih aman dari phishing dan juga cara pembayarannya jadi lebih praktis. 

0 comments:

Post a Comment