Jumat, 18 November 2016

5 Jenis Peralatan Dapur Unik Yang Sering Digunakan



Untuk memudahkan berbagai pekerjaan yang sering dilakukan di dapur, banyak alat-alat unik yang kini bermunculan. Unik karena tidak hanya bentuknya yang beda dari yang lain, tetapi juga karena fungsinya yang semakin memudahkan sehingga setiap pekerjaan yang dilakukan bisa cepat selesai.

Disadari atau tidak, banyak disekitar kita peralatan dapur unik  yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mau tahu apa saja?

Alat Potong Sayur
Alat potong ini biasanya dijual dalam 1 set, bentuknya persegi panjang dengan bagian tutup berupa bagian metal yang tajam dan juga alat penekan atau penggesek. Cukup dengan menaruh pada bagian atas alat pemotong, lalu lakukan tekanan sedikit, maka sayur sudah bisa terpotong. Beberapa jenis sayur yang bisa dipotong menggunakan alat ini seperti tomat, kentang, timun dan lainnya.

Talenan
Biasanya alat ini digunakan sebagai alas memotong sayur atau buah. Bentuk permukaannya yang rata dan keras, akan membantu memudahkan saat kita hendak memotong jenis sayuran atau buah yang agak keras misalnya wortel. Terbuat dari bahan plastik, namun kini ada jenis talenan yang lentur sehingga sangat memudahkan ketika ingin memasukkan potongan sayur ke dalam mangkok atau piring.

Penghalus Bawang
Dulu, untuk menghaluskan bawang, harus menggunakan cobek terlebih dahulu. Kini, tidak usah repot lagi karena sudah ada alat yang memudahkan untuk mengaluskan bawang. Berbentuk bundar dan terdiri dari dua sisi tangkup, pada bagian dalam alat ini ada semacam gerigi tajam yang berfungsi menghancurkan bawang yang dimasukkan. Cara menghancurkan bawang memakai alat ini, cukup diputar-putarkan saja. Praktis bukan?!

Mixer
Bagi yang sering membuat kue, pasti tahu dong dengan alat yang satu ini? Ya, mixer seringkali digunakan untuk mencapurkan aneka bahan agar tercampur rata atau bisa juga untuk mengocok telur. Kebanyakan, alat mixer sekarang adalah jenis mixer yang menggunakan daya listrik dalam pemakaiannya. Cukup dengan menghubungkannya ke arus listrik dan menekan tombol on, maka kita sudah bisa memakai mixer untuk berbagai keperluan seperti membuat kue.

Blender
Alat penghalus berbagai jenis bahan makanan, sayur, buah dan lainnya. hampir setiap rumah memiliki alat ini karena memang sangat bermanfaat sekali. Blender bisa dipakai untuk menghaluskan bumbu, membuat minuman jus dan sebagainya. Sama seperti mixer, belnder juga salah satu alat elektronik sehingga dalam penggunaannya juga perlu daya listrik.

Masih ada jenis peralatan dapur lainnya yang sering kita gunakan dan lihat, namun untuk kali ini, saya hanya membahas 5 jenis saja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca. Salam!



0 komentar:

Poskan Komentar