Senin, 17 Oktober 2016

6 Panduan Jika Tersesat di Luar Negeri

Tersesat Di Luar Negeri


Anda mungkin pernah sesekali mengalami tersesat di daerah asing yang tidak Anda kenal. Lebih-lebih kalau Anda mengalaminya ketika sedang berada di luar negeri di mana segala-galanya asing bagi Anda. Kendala perbedaan Bahasa, tempat asing, orang-orang asing, kesulitan petunjuk informasi, semuanya bisa membuat Anda lebih tegang.

Kebetulan Anda mendapat harga tiket pesawat murah ke luar negeri, ke negara yang baru pertama kali ingin Anda kunjungi. Nah, Anda tidak perlu kuatir kalau tiba-tiba tersesat, berikut adalah langkah-langkah yang bisa menolong Anda menghadapi kemungkinan situasi ini, pertama-tama awali dengan mengantisipasinya.

1.       Tetap Tenang
Sebisa mungkin jangan tunjukan rasa panik Anda, meskipun Anda kebingungan setengah mati. Cobalah mengatur napas dan mulai bertanya pada warga lokal dengan nada tenang. Kalau Anda tidak mengerti Bahasa lokal, gunakan Bahasa isyarat atau gambar peta untuk menjelaskan posisi dan tujuan Anda. Kepanikan justru bisa membuat Anda tak mampu berpikir jernih dan akan ikut membingungkan orang-orang yang Anda tanyai.

2.       Waspada Keamanan Diri
Tindak kejahatan bisa terjadi dimana-mana, apalagi kalau ada kesempatan. Kemungkinan ada orang-orang yang mencoba memanfaatkan situasi kebingungan Anda lantaran tersesat perlu Anda waspadai. Jangan keluarkan benda-benda berharga di tempat yang bisa mengundang kejahatan, berpakaianlah sederhana, dan tunjukan sikap percaya diri. Anda bisa pergi mencari tempat yang kira-kira aman untuk mengeluarkan gadget Anda.

3.       Bawa Peta Jalan dan Gadget
Kini aplikasi GPS dan peta bisa mudah Anda akses lewat gadget atau smartphone, maka gunakanlah untuk membantu Anda mencari arah tujuan ketika tersesat. Selain itu, kantongi selalu peta wisata yang lengkap dengan informasi jalan dan petunjuk informasi sebagai panduan Anda. Setidaknya bila gadget Anda bermasalah dan tidak bisa digunakan, Anda masih memegang alternatif panduan yang bisa diandalkan.

4.       Tuliskan Informasi Hotel Anda dalam Bahasa Lokal
Jika Anda tersesat dan sudah betul-betul kehilangan arah, baik dekat atau jauh dari tempat asal Anda, tindakan paling aman adalah kembali ke hotel. Mintalah pada petugas hotel untuk menuliskan nama dan alamat hotel Anda menginap dalam Bahasa lokal, pada sebuah kartu nama atau buku perjalanan yang selalu Anda bawa. Anda cukup menunjukan catatan ini pada supir taksi yang akan mengantar Anda kembali ke hotel setelah berwisata, tanpa harus bersusah payah menjelaskan. Catatan ini juga akan menolong Anda saat tersesat di tempat asing, dan Anda harus meminta bantuan pada warga lokal atau polisi lokal.

5.       Pertajam Pengamatan Visual Anda
Setiap Anda pergi ke daerah asing, lakukan pengamatan visual pada objek-objek yang Anda temukan di sepanjang perjalanan, lalu simpan baik-baik ke dalam memori Anda. Kemampuan Anda untuk mengenali dan mengingat objek ini bisa membantu menentukan posisi Anda pada saat tersesat, sehingga akan mudah mengarahkan Anda kembali ke posisi yang benar. Lebih bagus lagi kalau Anda sempat mencatat atau mengambil gambar foto satu dua objek yang Anda lewati, dalam setiap perjalanan wisata.

6.       Bawa Identitas Diri
Pastikan salinan dokumen penting Anda selalu dibawa ke mana pun Anda pergi saat berada di luar negeri, seperti paspor, kartu tanda pengenal, dan visa. Dokumen-dokumen ini sangat penting peranannya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri Anda. Anda bisa menyimpan dokumen aslinya di tempat yang lebih aman, seperti dalam kotak deposit kamar hotel atau dalam koper yang terkunci. Sementara fotokopi dokumennya selalu Anda bawa dalam tas pergi Anda. Sebab kalau yang asli sampai hilang, Anda akan sangat kerepotan untuk mengurusnya.

Anda perlu selalu waspada dan jangan sampai lengah meski di tengah-tengah kesenangan berlibur. Di samping menikmati perjalanan menuju tempat wisata, ingatlah selalu jalan untuk kembali pulang, dan usahakan tetap tenang menghadapi segala situasi yang Anda temui.

0 komentar:

Poskan Komentar