Senin, 05 September 2016

Dampak Makanan Secara berlebihan



Apakah Anda pernah merasa kecanduan makanan? Apakah Anda sering merasa tidak tahu kapan harus berhenti makan? Bila iya, maka mungkin Anda harus tahu gejala kecanduan makanan.

Ya, kecanduan makanan adalah kondisi psikologis serius yang dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin! Biasanya, ketika menikmati makan berlebihan, kita berpikir itu tidak ada yang dikhawatirkan.

Namun, ada perbedaan besar antara makan berlebihan dan memiliki kecanduan makanan. Gejala kecanduan makanan dapat menghambat aktivitas sehari-hari seseorang dan bahkan kesehatan dengan cara yang negatif.

Seperti kita ketahui, efek samping dari makan berlebihan dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan seperti obesitas, gangguan pencernaan, gangguan jantung, kolesterol tinggi, dan lain-lain.

 Jadi, kecanduan makanan yang merupakan bentuk ekstrem dari makan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius juga.

Gejala tertentu dari kecanduan makanan dapat bingung dengan makan berlebihan normal, sehingga sangat penting untuk mengetahui perbedaan. Berikut adalah daftar gejala kecanduan makanan yang tidak boleh Anda abaikan sebagaimana dihimpun dari Boldsky, Jumat (2/9/2016):

1. Mudah Lelah

Efek samping dari makan berlebihan secara konstan atau kecanduan makanan bisa menyebabkan kelelahan, tepat setelah makan. Terutama bila makanan itu tinggi kalori yang bisa membuat tubuh menjadi kembung dan lelah!

2. Mual

Gejala kecanduan makanan bisa membuat Anda merasa mual atau sakit. Biasanya, orang dengan kecanduan makanan tidak tahu kapan harus berhenti dan mereka bisa pergi makan sampai mereka mual.

3. Punya Makanan Pemicu

Orang dengan kecanduan makanan memiliki makanan pemicu tertentu yang membuat mereka ingin makan terus. Bahkan itu bisa mengganggu pikiran mereka untuk makan sehat dan bisa memiliki efek samping dari makan berlebihan!

4. Makan Sendiri

Gejala kecanduan makanan juga melibatkan ingin makan sendirian. Hal itu karena saat menikmati makan berlebihan secara kelompok, mungkin akan dinilai sebagai suatu masalah.

5. Pesta Belanja Makanan

Orang dengan kecanduan makanan biasanya pergi berbelanja makanan dan berpesta sepanjang hari. Tindakan ini dapat mengakibatkan banyak efek samping yang berhubungan dengan makan berlebihan dan bisa menyebabkan kegemukan.

6. Kurangnya Pengendalian Diri

Gejala kecanduan makanan melibatkan kurangnya kontrol diri ketika akan makan. Bahkan meski orang tersebut menyadari adaya efek samping dari kecanduan makanan.

7. Gangguan Pencernaan

Orang dengan kecanduan makanan cenderung menderita gangguan pencernaan dan obesitas. Ini adalah salah satu gejala kecanduan makanan yang utama.



0 komentar:

Poskan Komentar